Thursday, June 18, 2020

Bab 2 Operator, contoh beserta penyelesaiannya [Arex]

Soal dan Penyelesaian:

1. Tunjukan sebuah program sederhana yang mendemonstrasikan operator operator aritmatik. Program tersebut juga perlu mengilustrasikan perbedaan antara pembagian titik mengambang dan pembagian integer.


Programnya:

public class MatDasar {

    public static void main(String args[]){

        //Aritmatik menggunakan interger

        System.out.println("Aritmatik Inteerger Arithmetic");

        int a = 1+1;

        int b = a*3;

        int c = b/4;

        int d = c-a;

        int e = -d;

       

        System.out.println("a = " + a);

        System.out.println("b = " + b);

        System.out.println("c = " + c);

        System.out.println("d = " + d);

        System.out.println("e = " + e);

       

        //Aritmatik menggunakan double

        System.out.println("\nAritmatik Titik Menggambang");

        double da = 1 + 1;

        double db = da * 3;

        double dc = db / 4;

        double dd = dc - a;

        double de = -dd;

       

        System.out.println("da = " + da);

        System.out.println("db = " + db);

        System.out.println("dc = " + dc);

        System.out.println("dd = " + dd);

        System.out.println("de = " + de);

    }

}




Hasilnya:





2. Tunjukan Suatu program yang memuat sebuah operator modulus, %, yang menghasilkan sisa dari operasi pembagian. Program juga harus bisa diterapkan terhadap tipe titik mengambang.

Programnya:

public class Modulus {

   public static void main(String args[]){

       int x = 42;

       double y = 42.25;

      

       System.out.println("x mod 10 = " + x % 10);

       System.out.println("y mod 10 = " + y % 10);

   }

}

 

Hasilnya:






3. Berikan Suatu Program java yang dapat dipakai untuk mengkombinasikan operasi aritmatik dengan penugasan.

Programnya:

public class OpGabungan {

    public static void main(String args[]){

        int a = 1;

        int b = 2;

        int c = 3;

       

        a += 5;

        b *= 4;

        c += a * b;

        c %= 6;

       

        System.out.println("a = " + a);

        System.out.println("b = " + b);

        System.out.println("c = " + c);

       

       

    }

}




Hasilnya:




4. Berikan Suatu program untuk mengilustrasikan operator inkremen.

Programnya:

public class OpInk {

    public static void main(String args[]){

        int a = 1;

        int b = 2;

        int c;

        int d;

       

        c = ++b;

        d = a++;

        c++;

       

        System.out.println("a = " + a);

        System.out.println("b = " + b);

        System.out.println("c = " + c);

        System.out.println("d = " + d);

    }

}




Hasilnya:





5. Berikan satu lagi program untuk mengilustrasikan operasi inkremen dan dekremen.

Programnya:

public class OpInkDek {

  public static void main(String args[]){

      char c = 'R';

      byte j = 127;

      short k = 32767;

     

       System.out.println("c = " + c);

       ++c;

       System.out.println("c = " + c);

       ++c;

       System.out.println("c = " + c);

       System.out.println("j = " + j);

       --j;

       System.out.println("j = " + j);

       ++j;

       System.out.println("j = " + j);

       System.out.println("k = " + k);

       k -= 4;

       System.out.println("k = " + k);

       k +=5;

       System.out.println("k = " + k);

       

  } 

}




Hasil:





6. Berikan satu program untuk mengilustrasikan pengunaan dari operator &, |, ^, dan ~

Programnya:

public class LogikaBit {

   public static void main(String args[]){

       String biner [] = {

           "0000", "0001", "0010", "0011", "0100", "0101","0110", "0111",

           "1000", "1001", "1010", "1011", "1100", "1101", "1110", "1111"

       };

       

       int a = 3; //0 + 2 + 1 atau 0011 dalam biner

       int b = 6; //4 + 2 + 0 atau 0110 dalam biner

       int c = a | b;

       int d = a & b;

       int e = a ^ b;

       int f = (~a & b) | (a & ~b);

       int g = ~a & 0x0f;

      

       System.out.println("a = " + biner[a]);

       System.out.println("b = " + biner[b]);

       System.out.println("a|b = " + biner[c]);

       System.out.println("a&b = " + biner[d]);

       System.out.println("a^b = " + biner[e]);

       System.out.println("~a&b|a&~b = " + biner[f]);

       System.out.println("~a = " + biner[g]);

      

   }

}



Hasilnya:






7. Lakukan penggeseran kiri sejauh 2 bit terhadap suatu nilai bertipe byte dan berikan program untuk membuktikannya.

Programnya:

public class GeserKiri {

    public static void main(String args[]){

        byte a = 64, b;

        int i;

       

        i = a << 2;

        b = (byte) (a << 2);

       

        System.out.println("Nilai awal dari a: " + a);

        System.out.println("i danb: " + i + " " + b);

       

    }

}




Hasil:




8. Tunjukan suatu Program  yang membuktikan bahwa penggeseran bit ke kiri bisa dijadikan cara alternatif dalam mengalihkan dengan dua.

Programnya:

public class PerkalianDua {

    public static void main(String args[]){

        int i;

        int angka = 0xFFFFFFE;

        

        for(i=0; i<4; i++){

            angka = angka << 1;

            System.out.println(angka);

        }

    }

}



Hasil:








9. Berikan contoh program untuk mengilustrasikan contoh penggunaan operasi penggeseran kanan.

Programnya:

public class PenggeseranKanan {

    public static void main(String args[]){

        char hex[] = {

            '0', '1', '2', '3', '4', '5', '6', '7',

            '8', '9', 'a', 'b', 'c', 'd', 'e', 'f'

        };

       

        byte b = (byte) 0xfl;

        System.out.println("b = 0x" + hex[(b >> 4) & 0x0f] + hex[b & 0x0f]);

      

       

       

    }

}



Hasilnya:








10. Berikan contoh program untuk mengilustrasikan contoh penggunaan operasi penggeseran kanan dengan penggaanjalan nol (penggeseran tak bertanda).

Programnya:

public class PenggeseranUnsigned {

    static public void main(String args[]){

        char hex[] = {

            '0', '1', '2', '3', '4', '5', '6', '7',

            '8', '9', 'a', 'b', 'c', 'd', 'e', 'f'

        };

       

        byte b = (byte) 0xfl;

        byte c = (byte) (b >> 4);

        byte d = (byte) (b >>> 4);

        byte e = (byte) ((b & 0xff) >> 4);

       

        System.out.println(" b = 0x" + hex[(b >> 4) & 0x0f] + hex[b & 0x0f]);

        System.out.println(" b >> 4 = 0x" + hex[(c >> 4) & 0x0f] + hex[c & 0x0f]);

        System.out.println("b >>> 4 = 0x" + hex[(d >> 4) & 0x0f] + hex[d & 0x0f]);

        System.out.println("(b & 0xff) >> 4 = 0x" + hex[(e >> 4) & 0x0f] + hex[e & 0x0f]);

    }

}



Hasil:







11. Ujilah  sebuah program yang menciptakan beberapa variable integer dan kemudian menggunakan beberapa penugasan operator bitwise untuk memanipulasi variable variable tersebut.

Programnya:

public class PenugasanBitwise {

  public static void main(String args[]){

      int a = 1;

      int b = 2;

      int c = 3;

     

      a |= 4;

      b >>= 1;

      c <<= 1;

      a ^= c;

     

      System.out.println("a = " + a);

      System.out.println("b = " + b);

      System.out.println("c = " + c);

  }

}



Hasil:






12. Berikan sebuah program untuk mendemonstrasikan penggunaan tiap operasi logikal pada nilai nilai boolean.

Programnya:

public class LogikaBool {

    public static void main(String args[]){

        boolean a = true;

        boolean b = false;

        boolean c = a | b;

        boolean d = a & b;

        boolean e = a ^ b;

        boolean f = (!a & b) | (a & !b);

        boolean g = !a;

       

        System.out.println("a = " + a);

        System.out.println("b = " + b);

        System.out.println("a|b = " + c);

        System.out.println("a&b = " + d);

        System.out.println("a^b = " + e);

        System.out.println("!a&b|a&!b = " + f);

        System.out.println("!a = " + g);

    }

}



Hasil:





Untuk Download Programnya full .java klik di sini



Tuesday, June 16, 2020

Bab 1, Tipe data, variable, dan array. soal dan penyelesaiannya.

Soal dan Penyelesaian

1. Tulislah sebuah program yang menngunakan variable double untuk menghitung luas sebuah lingkaran.

    Penyelesaian:




2. Tulislah Sebuah program untuk menghitung jarak jelajah cahaya menggunakan variable long.

    penyelesaian: 



3. Tulislah sebuah program yang mengilustrasikan penggunaan variable char.

    Penyelesaian:




4. Meskipun char didesain untuk menampung karakter karakter Unicode, ia dapat pula dipandang sebagai tipe integer yang dapat anda pakai untuk melakukan operasi operasi aritmatika. tulislah sebuah program untuk mengilustrasikan situasi ini.

    Penyelesaian:


5. Tulislah sebuah program yang mendemonstrasikan penggunaan tipe boolean.

    Penyelesaian:



6. Tulislah sebuah program untuk mendemonstrasikan skop skop variable.

    Penyelesaian:



7. Tulislah sebuah program untuk menemonstrasikan pelbagai konversi tipe.

    penyelesaian:





8. Tulislah sebuah program yang menggunakan sebuah array satu dimensi.

Penyelesaian:


9. Tulislah sebuah program yang menggunakan sebuah array dua dimensi.

    Penyelesaian:


10. Tulislah sebuah program yang secara manual mengalokasikan dimensi dimensi kedua yang berbeda ukuran.

    Penyelesaian:


11. Tulislah sebuah program yang menciptakan array tiga dimensi, dengan ukuran 3 kali 4 kali 5.

    Penyelesaian:







Untuk Download Programnya Klik disini



Monday, June 15, 2020

contoh tugas laporan rekayasa perangkat lunak (RPL) Arex

Tugas  untuk rekayasa perangkat lunak :

    1.      Dibuat dalam laporan

    2.      Cari referensih yang anda ketahui dimana saja.

    3.      Dikerjakan secara berkelompok.

    Soal:

    1.      Tuliskan pengertian dari perancangan perangkat lunak dan tuliskan pengertian dibawah ini:

a.       Tujuan perangkat lunak

b.      Hal –hal yang perlu diperhatikan dalam pengembangan sebuah produk perangkat lunak

    2.      Tuliskan atribut yang merupakan ukuran kualitas perangkat lunak

    3.      Jellaskan dan gambarkan diagram distribusi  upaya dalam putaran hidup perangkat lunak ( SLC)

    4.       Tulikan pengertian dari perangkat lunak yang anda ketahui dan pengertian dibawah ini:

a.     Jenis-jenis perangkat lunak

b.    Dokumen perangkat lunak

    5.      Jelaskan software engineering  body of knowledge ( SWEBOK Knowledge Areas)

    6.      Jelaskan dan gambarkan  pengembangan perangkat lunak (1)

    7.      Jelaskan dan gambarkan elemen-elemen proses pengembangan

    8.      Jelaskan apa pengertian dari model proses pengembangan  dan tuliskan beberapa model proses pengembangan perangkat lunak ( disertai kelebihan dan kekurangannya)

    9.      Tuliskan dan kerjakan  satu model proses perangkat lunak yang anda ketahui ( contoh ).


    

    Link Untuk download Jawaban diatas sebagai berikut:

        Mega




Friday, June 12, 2020

Project pemprograman berorientasi objek (OOP) Java [Arex]

Pengertian OOP

        OOP adalah suatu metode pemprograman yang berorientasi kepada objek. Tujuan dari OOP diciptakan adalah untuk mempermudah pengembangkan program dengan cara mengukuti model yang telah ada di kehidupan sehari hari. contoh bahasa pemprograman yang mendukung OOP diantaranya sebagai berikut:
  1. Visual Foxpro
  2. Java
  3. C++
  4. Pascal
  5. SIMULA
  6. Smalltalk
  7. Ruby
  8. Python
  9. PHP
  10. C#
  11. Delpi
  12. Perl
  13. Eiffel
  14. Adobe Flash AS 3.0
Berikut adalah beberapa projek  bahasa pemprograman Java:

BAB 1 Tipe Data, Variabel, dan Array

    Bab ini akan Mengekploirasi tiga elemen fundamental java: tipe data, variable dan array. sebagai bahasa pemprograman modern, Java menyediakan beberapa tipe data. Anda dapat menggunakannya untuk mendeklarasikan variable dan untuk menciptakan array.



lihat project bab 1 klik disini..




Berikut link download project untuk Bab 1.


BAB 2 Operator

    Java menyediakan lingkungan yang kaya akan operator. operator  operator java dapat di kelompokan  menjadi beberapa kelompok: aritmatik, bitwise, relasional, dan logika. java juga menyediakan beberapa operator lain yang bisa dipakai untuk menangani situasi situasi tertentu.



lihat project bab 2 klik di sini.




Berikut link download project untuk Bab 2.


BAB 3 String

    String merupakan suatu deret atau runtutan karakter. kata, kalimat, dan frasa ada string. pesan " Bhinneka Tunggal Ika" merupakan contoh string.
 



lihat project bab 3 klik di sini.





Berikut link download project untuk Bab 3.



BAB 4 Percabangan

    Statmen Percabangan
java menyediakan statmen percabangan if, if-else, dan switch, yang bisa dipakai untuk membuat keputusan.



lihat project bab 4 klik disini.




Berikut link download project untuk bab 4.


BAB 5 Perulangan

    Statmen statmen iterasi (perulangan) pada java adalah while, for, dan do-while. ketiga statmen inilah yang dinamakan dengan loop. seperti yang anda ketahui, loop secara berulang mengeksekusi sehimpunan instruksi sampai kondisi terminasi terpenuhi.



lihat project bab 5 klik disini.




link download poject untuk bab 5.


BAB 6 Metode

    Metode adalah suatu runtun deklarasi dan statmen yang dapat dieksekusi dan dibungkus bersama menjadi program mini sederhana. dalam beberapa bahasa pemprograman lain, metode dikenal dengan fungsi, prosedur, subrutin, atau subprogram.




lihat project bab 6 klik disini.




link download project untuk bab 6.

BAB 7 Objek dan Kelas

    Kelas merupakan inti dari java. kelas merupakan konstuksi logikal dimana bahasa pemprograman java dibangun. kelas mendifinisikan objek. setiap konsep yang akan diimplementasikan didalam suatu program java harus dienkapsulasi di dalam sebuah kelas.



lihat project bab 7 klik disini.




link download project untuk bab 7.



Berikut Link download semua project

Wednesday, June 10, 2020

Makna memilih resiko moderat [Arex]


Salah satu ciri ciri Enterpreneur adalah " memilih resiko yang moderat, jelaskan menurut pendapat anda makna dari peryataan tersebut.

Jawaban:

     Menurut Saya memilih resiko moderat adalah jalan tengah yang cocok bagi pembisnis pemula ataupun bagi seseorang yang ingin meminimalisir resiko pada bisnisnya dan meminimalisir kerugian yang dapat mengakibatkan kebangkrutan.